Kamis, 09 Juli 2020

Berkarya Di Masa Persiapan Pensiun, Pelda Musiyam Berkebun Sayuran


SEMARANG - Jelang mengakhiri masa dinas militer, timbul ide kreatif dari pelda Musiyam anggota Kodim 0715/Kendal menggunakan lahan miliknya di kelurahan Tambak aji, Kecamatan Ngaliyan, Semarang, untuk di sulap menjadi lahan produktif dengan menanam berbagai macam sayuran untuk memenuhi Kebutuhan sehari hari.

Pelda Musiyam menuturkan, Usaha yang di lakukannya tersebut sebagi usaha persiapan menjelang pensiun nya dari anggota TNI AD. "Di masa persiapan pensiun saya banyak menghabiskan waktu di rumah, kemudian saya berpikir, dengan adanya lahan yang cukup luas di sekitar rumah saya, muncul ide untuk berkebun sayuran", ungkapnya.
     

 Dengan bekal ilmu pertanian yang di dapat dari membaca buku dan sumber lainnya, pelda musiyam menanam berbagai tanaman sayuran seperti kangkung, kenikir, bayam ,cabe, terong, sawi, dan lain lainnya di media tanah dan media hidroponik yang di buatnya sendiri. "Semasa saya jadi babinsa saya sering berkomunikasi dengan para petani di wilayah binaan saya, dari situ saya mendapat sedikit ilmu dan pengalaman dalam hal bercocok tanam", terang bapak 2 anak tersebut.

Tidak sendirian, Sutini(47), Istri pelda musiyam mengaku sangat mendukung usaha yang sedang di rintis oleh suaminya tersebut. "Di saat ada kesempatan saya dan anak anak juga ikut turut membantu suami dalam pengolahan kebun sayuran, hasilnya alhamdulilah bisa di nikmati untuk konsumsi sendiri, untuk penjualan sebatas kepada tetangga sekitar yang membutuhkan saja", katanya.

                                

Hal senada di ungkapkan Anak pertama Pelda Musiyam, Surya Budi wirawan (25), bahwa dirinya sangat merasa senang dan mendukung usaha orang tuanya. " Bapak orangnya gak bisa nganggur, apalagi sekarang full waktunya di habiskan di rumah sejak masuk MPP, dengan aktifitas yang di lakukan beliau, bisa mengurangi kejenuhan di rumah, sekaligus produktif", terang anak pelda musiyam yang berdinas di Damkar Kota Semarang tersebut.
(pendim15/bz)


Bagikan

Jangan lewatkan

Berkarya Di Masa Persiapan Pensiun, Pelda Musiyam Berkebun Sayuran
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.